Rabu, 16 Mei 2007

Sutradara

ACHIEL N. NASRUN
TERJUN ke film sejak 1971, sebagai assisten arts director, Achiel N. Nasrun tak pernah berhenti membuat film, dan berkarya di dean kamera, hingga sekarang. Terakhir awal 2007 ini, dia merilis film horror Leak, bersama PT. Ganesha Perkasa Films, dan mendapat sambutan penonton, sehingga produser menyiapkan untuk roduksi film berikutnya.

Sineas kelahiran 1950 ini terjun ke film dengan meniti karir dari asisten sutradara nama-nama besar seperti Teguh Karya (Perkawinan Dalam Semusim, Badai Pasti Belalu, dan November 1928), Drs. Syumanjaya (Pinangan, Si Doel Anak Modern, dan Laela Majenun), Slamet Rahardjo (Rembulan dan Matahari dan Kodrat) yang keseluruhannya menjadi fenomena pada zamannya. Sineas yang biasa tampil ramah dan santun ini sepenuhnya menjadi sutradara sejak 1986, dengan debut Lupus produksi PT. Elang Perkasa Film, yang mengorbitkan almarhum Ryan Hidayat.

Larisnya di bioskop, membuat film Lupus digarap Achiel N Nasrun ini bersambung hingga seri 4. Selain itu, tangan dingin Achiel juga mampu melahirkan bintang-bintang muda yang sukses dan bertahan hingga sekarang.

Lewat Makhluk Manis dalam Bis, Achiel N. Nasrun mengorbitkan Karina Suwandi. Hingga begitulah, setiap sinetron lahir bintang baru, seperti Ricky, Nakalnya Anak Muda (Nike Ardilla), Elegi Buat Nana dan Olga Sepatu Roda (Desy Ratnasari), Lupus 1 (Cornelia Agatha) dll. Sebanyak 11 judul diproduksi olehnya, dalam kapasitas sebagai sutradara film layar lebar, hingga tetap menunjukkan taji kesaktiannya di produksi terakhir, Leak, di tahun 2007, di tengah era sineas muda yang mendominasi pasaran.

Ketika sinetron merebak, saat film layar lebar surut penontonnya di tahun 1990-an, Achiel N. Nasrun tak berdiam diri. Kini ratusan episode, dari puluhan judul digarapnya, dengan berbagai rumah produksi.

Secara keseluruhan, menunjukkan sosok Achiel N. Nasrun sebagai sineas dengan “jam terbang tinggi”, dan memiliki kemampuan adaptasi terhadap selera penonton yang terus berubah dari zaman ke zaman.

Tidak ada komentar: